16 October 2012

Cara Cepat dan Mudah Cari Gold Dragon Nest


Cara cepat dan mudah cari gold dragon nest.

Berhubung dunia Dragon Nest pada rame yang jualan gold in Rp. (ilegal & melanggar rule)... maka di sini saya mencoba membagikan beberapa tips untuk memperoleh gold.

Tips Pertama: Rough Agate dan Ordinary Agate

Kedua jenis Agate ini bisa dikatakan "kebutuhan me-rakyat" dalam dunia Dragon Nest. Merupakan sebuah item yang banyak dicari player dan harga jualnya relatif stabil, sehingga menjadikannya salah satu item yang cepat terjual di Trading House. Sekedar informasi, normalnya harga Rough Agate berkisar antara 7 s/d 9 gold per slot (per 20 biji) dan Ordinary Agate berkisar antara 17 s/d 20 gold per slot (per 20 biji).

Tanya: Di mana saya bisa mendapatkan Rough Agate yang banyak???
Jawab: Dungeon level 14 s/d 24 yang biasanya dapat ditemui di sekitar Calderock Village. Di sini kamu hanya perlu masuk dungeon dan memilih tingkat kesulitan Master.

Tanya: Mengapa harus tingkat kesulitan Master???
Jawab: Karena pada tingkat kesulitan Master, persentase monster nge-drop Rough Agate paling tinggi dibanding dengan dungeon pada tingkat kesulitan lainnya (Easy, Normal, Hard, Abyss)

Tanya: Setelah mendapatkan Rough Agate, apa yang harus saya lakukan???
Jawab: Bawa ke Trading House yang ada pada setiap town, dan jual dengan harga normal / terjangkau... atau apabila jatah Trading House kamu telah habis dipakai (0/30), kamu bisa menjadi "pedagang keliling" sambil mengitari air mancur di dekat Trading House Calderock Village sambil mengetik "Jual [Rough Agate] @ 7 gold" secara berulang-ulang sampai ada pembeli yang tertarik untuk membeli (saya sarankan untuk melakukan ini di channel yang statusnya crowded, biasanya channel 1)

Tanya: Di mana saya bisa mendapatkan Ordinary Agate yang banyak???
Jawab: Dungeon level 25 s/d 40 yang biasanya dapat ditemui di sekitar Saint Haven. Di sini kamu hanya perlu masuk dungeon dan memilih tingkat kesulitan Master.

Tanya: Setelah mendapatkan Ordinary Agate, apa yang harus saya lakukan???
Jawab: Bawa ke Trading House yang ada pada setiap town, dan jual dengan harga normal / terjangkau... Tidak disarankan menjadi pedagang keliling, karena pada tahapan ini kebanyakan player sudah jarang mencari kebutuhannya dari pedagang keliling (kalau mau tetap jadi pedagang keliling... yaaah bole juga lah, asal sabar)

Tips Kedua: Key of Dimensional Rabbit

Item ini digunakan untuk mendapatkan hadiah tambahan berupa Fragment of Dimensional Gem ketika kamu membuka kotak Dimensional Rabbit yang muncul hanya pada dungeon kesulitan Abyss.

Dimensional Rabbit

Tanya: Di mana saya bisa mendapatkan Key of Dimensional Rabbit yang banyak???
Jawab: Saya pribadi menyarankan kamu untuk mengikuti beberapa tahap yang akan saya paparkan di bawah ini.

Tanya: Tahap pertamanya apa ya???
Jawab: Buat karakter baru dan jalankan main quest, naikkan levelnya sampai ke level 9 (saya sarankan warrior)

Tanya: Setelah mencapai level 9, apa yang harus saya lakukan??
Jawab: Pergilah ke Calderock Vilage dan cari kerumunan player di bagian selatan dekat portal bertuliskan crystal stream.

Tanya: Teruuus???
Jawab: Cari player yang isi chatnya bertuliskan "SC" dan berkatalah yang sopan kepada player tersebut bahwa kamu ingin join party.

Tambahan:
- SC berarti Sigh Canyon
- Sigh Canyon adalah dungeon yang bisa dimasuki mulai dari level 9 ke atas.

Tanya: Mengapa harus di Sigh Canyon???
Jawab: Karena dungeon ini dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Tanya: Setelah memasuki dungeon  apa saja yang harus saya lakukan???
Jawab: Ikuti instruksi dari anggota party yang memiliki level antara lvl. 20 s/d lvl. 24. Hal penting yang harus diingat adalah, pada area pertama dungeon di mana terdapat 3 buah crystal hitam untuk dihancurkan... Jangan berfokus pada membunuh monster, tetapi hancurkan saja semua crystal hitam yang ada hingga portal menuju area berikutnya terbuka. Saya sarankan kamu menjaga HP kamu agar jangan sampai mati. Pada area berikutnya, silahkan sikat dan bunuh semua monster yang ada dengan tetap berhati-hati menjaga HP kamu sampai pada area terakhir / bos area. Setelah semua monster dibunuh pada bos area, akan muncul Dimensional Rabbit yang ketika kamu klik akan mengeluarkan bermacam-macam item. Item yang pasti kamu dapatkan adalah Key of Dimensional Rabbit. Apabila sebelumnya kamu sudah mempunyai  Key of Dimensional Rabbit di dalam inventory kamu, maka akan ada beberapa item tambahan berupa 25 buah Fragment of Dimensional Gem yang dapat kamu jual seharga 2 Gold 50 Silver (2.5 Gold).

Tanya: Teruuuus???
Jawab: Lakukan hal tersebut sampai kamu mencapai level 15 atau 16. Ketika party leader kamu memutuskan untuk kembali ke kota, jangan lupa untuk menjual Fragment of Dimensional Gem yang sudah kamu dapatkan ke NPC blacksmith sekaligus me-repair equipment kamu. Setelah karakter kamu mencapai level 15. Ubah class menjadi Mercenary dan ganti equipment kamu dengan equipment level 15 agar menjadi lebih kuat.

Tanya: Kenapa harus Mercenary dan bukan Sword Master???
Jawab: Karena Mercenary mempunyai damage dan area serangan yang lebih besar. Saya sarankan setelah berganti class menjadi Mercenary, kamu lanjutkan masuk ke Sigh Canyon sendirian sampai bosan.

Tips Ketiga: Disassemble Agate Code dan Crystal Code

Mesin disassemble

Sebelum menjalankan tips ini, kamu perlu memiliki beberapa seal stamp terlebih dahulu. Apabila kamu mendapatkan Agate Code dan Crystal Code yang tidak sesuai dengan class kamu, maka bawalah Code tersebut ke mesin disassemble untuk di-ekstrak menjadi Revert Cube. Saya sarankan untuk melakukan hal ini hanya kepada Code yang memiliki rarity: epic karena memiliki harga jual yang tinggi. Setelah mendapatkan  Revert Cube tersebut, seal dengan menggunakan seal stamp dan daftarkan di Trading House.

Disassembling Code 100% berhasil mendapatkan Revert Cube (walaupun mesin disassemble sedang error saat ini untuk melakukan ekstrak equipment).

Tips Keempat: Royal Chest

Tips ini lebih cocok diterapkan kepada player yang memiliki spesifikasi komputer/laptop yang sangat bagus. Tambahan lagi, tips ini sudah tidak begitu cocok untuk update level max 40 (penjelasan ada di bawah).

Tanya: Mengapa???
Jawab: Karena pada tips ini saya menyarankan player untuk keluar masuk dungeon tanpa kembali ke town yang akan membuat player mengalami banyak loading.

Tanya: Dungeon yang dimaksud itu dungeon yang mana???
JawabRaider's Den dengan tingkat kesulitan Abyss.

Tanya: Mengapa harus abyss???
Jawab: Karena Royal Chest dungeon abyss akan menjatuhkan jewel rarity: magic dan rare ===> Rough Ruby, Rough Sapphire, Rough Obsidian, Rough Topaz, dan Rough Diamond.

Tanya: Caranya???
Jawab: Sebelum masuk ke dungeon Raider's Den, lepaslah semua equip yang kamu pakai. Masuk, kemudian lari dan lewati semua monster yang ada sampai ke dekat portal menuju area berikutnya terlihat... Apabila kamu beruntung, Royal Chest ada di dekat tenda sebelum portal. Naaah, apabila kamu tidak menemukan Royal Chest... Berdiri di tempat saja agar para monster bisa memukulmu hingga mati.

Tanya: Lantas???
Jawab: Setelah karakter kamu mati, akan ada tulisan Stage Fail dan tekan F12, pilih dungeon entrance... Ulangi masuki dungeon sampai menemukan Royal Chest.

Tanya: Mengapa harus dipukuli monster sampai mati??? Mengapa tidak tekan Esc dan kembali ke town saja???
Jawab: Karena loading untuk memasuki town lebih lama dan apabila kamu kembali ke town, maka kamu harus keluar dari town lagi (loading lagi) kemudian masuk ke dungeon Raider's Den lagi.

Tanya: Mengapa saya harus melepas semua equip???
Jawab: Agar ketika kamu dipukuli monster lebih cepat mati. Naaah, apabila kamu sudah beberapa kali keluar masuk dan akhirnya menemukan Royal Chest... jangan langsung dibuka, tetapi pancinglah terlebih dahulu monster di sekitar Royal Chest tersebut ke area yang lebih jauh... Kemudia kembali secepatnya dan buka Royal Chest dan tekan F secepatnya untuk mengambil semua item yang keluar dari Royal Chest (lumayan banyak), kalau kamu punya pet yang bisa mengambil item akan sangat bagus sehingga kamu tidak perlu lagi memancing monster di sekitarnya untuk menjauh.

Catatan: Saya perkirakan kamu dapat menemukan 4 kali hingga 5 kali Royal Chest dalam 1 jam (faktor keberuntungan juga menentukan). Setelah merasa cukup, jual item-item yang kamu dapatkan.

Tips Kelima: Dagang [Jual/Beli]

Jika kamu suka dengan yang namanya berdagang dan memiliki jiwa penyabar, kamu bisa mencoba tips berikut ini. Rajin-rajinlah nongkrong di Trading House, perhatikan dan cermati perkembangan permintaan dan penawaran pasar (dengan cara sering menekan tombol refresh). Item seperti apa yang sedang hot / laku keras perlu mendapat perhatian ekstra. Apabila ada player yang menjual item tersebut dibawah harga rata-rata, segeralah kamu beli dan jual kembali dengan harga rata-rata yang sedang berlaku.
Contoh: Apabila ada player yang menjual harga 20 biji Ordinary Agate seharga 6 gold, sedangkan harga pasaran Ordinary Agate adalah 9 - 10 gold / 20 bijinya... maka segeralah beli item yang harganya terbilang miring tersebut, lalu jual kembali.

Tips Keenam: Win-win Solution

Tips ini saya sebut win-win solution karena kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan tanpa ada yang dirugikan. Caranya adalah dengan menjalankan sistem Master-Apprentice. Baik Sang Master dan Si Apprentice akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Sang Master bisa keluar masuk dungeon tanpa kehabisan FTG dan durability equipment sambil mengumpulkan fragment of dimensional gem + key of dimensional yang harganya cukup bagus dan di sisi lain Si Apprentice juga mendapatkan item-item tersebut ditambah kecepatan naik levelnya yang mengagumkan.

Bersikaplah sopan baik kepada Master maupun Apprentice. Jangan memaki Master yang arogan/sombong atau Apprentice yang masih pemula dalam bermain. Anda sopan kami segan, anda kurang berpendidikan kami tinggalkan.

Tips Ketujuh: Gesek Voucher Gemscool

Cara tercepat kalau kamu sedang kepepet butuh gold dalam jumlah banyak. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan adalah:
1. Item g-cash apa yang bagus dan cepat laku jika dijual?
2. Lakukan penjualan hanya melalui Trading House untuk menghindari penipuan.

Dari pengamatan saya belakangan ini, ada baiknya player yang butuh gold darurat memilih item g-cash: Seal Stamp dan Magic Jelly. Kedua item ini mempunyai tingkat permintaan yang sangat tinggi dan cepat laku apabila kamu daftarkan ke Trading House dengan harga wajar.

Ingat!! Jangan pernah membeli gold dengan menggunakan mata uang asli baik itu Rupiah maupun yang lainnya termasuk Pulsa Telepon Selular / Voucher Pulsa / Voucher apapun dan mata uang Game lainnya. Karena ini melanggar peraturan Dragon Nest poin nomor 2.

Ikuti tips-tips mencari gold di atas, maka player tidak lagi kesulitan gold apalagi sampai melanggar peraturan!!

Bermainlah dengan jujur, jangan melakukan penipuan dalam bentuk apapun!!

Apabila ada tips-tips baru, maka akan saya tambahkan lagi.
Kritik dan saran akan saya tampung. Terima-kasih.

8 comments: