19 November 2012

SDN - Sea Dragon Nest (Sarang Naga Laut)

Dalam waktu dekat, update Sea Dragon Nest (selanjutnya akan disebut SDN) akan diimplementasikan ke DN-Indonesia. Buat players yang belum tau apa itu SDN, berikut penjelasan singkat nan padat tentang SDN:

Buat players yang sering mengerjakan side quest (biru) pasti pernah donk mendengar nama "Serpenta"? Nah... Serpenta merupakan final boss di dalam SDN ini. Tingkat kesuliatan Nest ini terbilang sangat sulit dikarenakan ressurection dan potion (baik HP maupun MP) tidak diizinkan di sini. Maka, menjalankan dedikasi dan peran masing-masing class sangat dan teramat penting di sini. Equip dan skill players sangat berpengaruh. Seperti Nest lainnya, untuk dapat memasuki SDN juga memerlukan Entry Ticket yang bisa diperoleh dari Manticore Nest dan Apocalypse Nest mode HELL. Portal SDN dapat players temukan di Hermalte Port. SDN hanya dapat dimasuki sekali setiap minggu. Party minimal harus beranggotakan 5 players dan maksimal 8 players, party seperti ini disebut Raid Party. Sekedar informasi (bukan menakut-nakuti), setiap keputusan dan tindakan yang players ambil di dalam SDN ini akan menentukan HIDUP dan MATI players bahkan kesuksesan seluruh Raid Party.

Anggap remeh adalah awal dari kehancuran!!!

Di bawah ini saya akan mencoba memaparkan panduan setahap demi setahap yang akan membantu players dalam menyelesaikan SDN.

  • Class apa saja yang dibutuhkan?
Berikut urutan 8 class yang dibutuhkan:

1. Paladin (Tanker Murni)
Persyaratan:
a. HP berkisar antara 90,000 - 100,000
b. Def berkisar antara 4,500 - 6,000
c. M. Def berkisar antara 4,000 - 6,000
d. Skill provoke level 6

2. Paladin (Tanker Cadangan)
Persyaratan: kurang-lebih sama seperti nomor 1 (kalo kurang yaaah jangan kurang jauh, kalo lebih yaaah naik ke nomor 1 saja :p).

3. Priest (Support Murni)
Persyaratan:
a. HP berkisar antara 75,000 - 80,000
b. M. Attack berkisar antara 2,500 - 4,000
c. Skill Aura of Healing level 7 dan skill Healing Relic level 6

4. Priest (Support Cadangan)
Persyaratan: kurang-lebih sama seperti nomor 3.


5. Force User
Persyaratan:
a. HP di atas 50,000
b. Skill Fast Forward level 2 (dicombo dengan Spirit Boost =  Beyond GODLIKE!!!)

6. Acrobat
Persyaratan:
a. HP di atas 50,000
b. Skill Spirit Boost level 3 (dicombo dengan Fast Forward =  Beyond GODLIKE!!!)

7. Mercenary
Persyaratan:
a. HP di atas 50,000
b. Skill Enervating Howl minimal level 1
c. Skill Battle Howl level 3
d. Skill Devastating Howl level 1

8. Elemental Lord
Persyaratan:
a. HP di atas 50,000

Persyaratan umum Kapten (Tanker Murni dan Tanker Cadangan)
a. Weapon: minimal +8
b. Secondary Weapon (Shield): minimal +10 (karena setiap dienhance +def dan +m. def)
c. Armor: minimal +10
d. Heraldry dan Aksesoris wajib mendukung HP dan Def/M. Def

Persyaratan umum Priest (Support Murni dan Support Cadangan)
a. Weapon: minimal +10
b. Secondary Weapon (Shield): minimal +10
c. Armor: minimal +10
d. Heraldry dan Aksesoris bisa mixed antara INT dan HP

Persyaratan umum Class lainnya (Force User, Acrobat, Mercenary, dan Elemental Lord)
a. Weapon: minimal +10
b. Secondary Weapon: minimal +10
c. Armor: disesuaikan +berapa saja (yang penting HP 50,000. Karena +Armor tidak +Def/+M. Def)
d. % Critical yang tinggi.

  • Area-1

Raid Party yang beranggotakan 8 players nantinya akan jauh lebih sulit dikontrol/diatur jika dibandingkan dengan Party biasa yang hanya beranggotakan 4 players. Pada SDN ini, saya menyarankan untuk memaksimalkan manfaat dari makro manual yang dapat diubah settingnya (tombol F7-F10) dan menentukan seorang Paladin (Tanker Murni) sebagai Kapten Raid Party sebelum memasuki SDN. Perintah makro hanya diwajibkan untuk Kapten. Perintah makro manual (tombolF7-F10) akan sangat penting pada beberapa Area di SDN (akan saya jelaskan nanti). Anggota lain diharapkan diam dan hanya diperbolehkan chit-chat selama jeda sebelum berpindah Area. Diwajibkan untuk buff ulang dan selalu melakukan briefing selama 2 menit s/d 5 menit sebelum berpindah Area.

Manfaatkan meriam-meriam yang ada di sini. Tembakan meriam menghasilkan damage yang relatif lebih besar dibanding skill-skill normal players. Tembakan meriam terbagi menjadi 2 jenis:
  1. Tembakan normal (klik kiri): menghasilkan rata-rata 35,000 damage (tanpa cool-down)
  2. Tembakan spesial (klik kanan): menghasilkan rata-rata 120,000 damage (cool-down)

4 class lain (selain Paladin dan Priest) segera mengambil posisi menembak meriam begitu Area-1 dimulai. Walaupun Area-1 merupakan Area yang tingkat kesulitannya paling mudah dalam SDN, Raid Party pemula tanpa pengalaman bisa juga kandas di Area-1!!! Gunakan meriam dengan hati-hati dan akurat, tidak disarankan menembak anggota party lain... Walaupun anggota party lain yang terkena tembakan meriam tidak menderita damage, tetapi akan ada efek terpelanting ke udara dan akan membatalkan skill yang akan dicasting sebelumnya.

Setelah menyelesaikan 5 gelombang monster, Area-1 pun selesai. Tidak perlu buru-buru untuk lanjut ke Area-2. Jangan lupa untuk istirahat dan melakukan briefing tentang strategi Area-2. Setelah merasa benar-benar siap untuk lanjut ke Area-2, melompatlah ke atas kapal.


  • Area-2
Ada 2 jenis stage yang akan dihadapi pada Area-2. Perlu untuk diingat bahwa hanya salah satu yang akan diselesaikan. Stage yang muncul bersifat RANDOM. Kedua jenis stage tersebut adalah:

  1. Devouring Isle (Pulau Penghisap)
  2. Four (4) Coloured Pillar Madness (Empat Kegilaan Pilar Berwarna)
Strategi yang perlu di-briefing ketika Area-1 selesai adalah untuk menghadapi stage jenis ke-2 (Four Coloured Pillar Maddness). Mengapa? Karena stage jenis Devouring Isle terbilang mudah seperti Area-1. Maka di bawah ini, terlebih dahulu saya akan membahas strategi untuk Four Coloured Pillar Madness.

Untuk mengetahui jenis stage apa yang akan kita hadapi pada Area-2 adalah melalui cut-scene (video) sebelum Area-2 dimulai.

Apabila pada cut-scene (video) kalian melihat 4 jenis pillar yang berbeda warna (Hijau, Merah, Putih, dan Biru), maka dapat dipastikan 100% kalian menghadapi stage jenis ke-2 (Four Coloured Pillar Madness).

Diskusikan terlebih dahulu pada Area-1 sebelum naik ke atas kapal siapa-siapa saja yang akan mengambil posisi ke-4 pilar tersebut. Saya sarankan untuk memberikan tugas ini kepada class yang bukan cleric-based. 

Sebagai contoh:
-Force User (Pilar Hijau)
-Acrobat (Pilar Merah)
-Mercenary (Pilar Putih)
-Elemental Lord (Pilar Biru)

NB: Susunan di atas hanya contoh, player dapat mengubah susunannya.

Begitu Area-2 (stage jenis ke-2) dimulai. Segera ambil posisi pada pilar-pilar yang ada. Akan ada 4 jenis monster berbeda warna spawn secara bergantian. Warna yang muncul bergantian bersifat RANDOM. Kapten Party bertugas untuk memperhatikan warna apa yang spawn secara berurutan. Akan ada "3 gelombang permainan warna".

Contoh gelombang pertama:
-Spawn pertama: Hijau
-Spawn ke-2: Merah
-Spawn ke-3: Putih
tidak perlu menunggu spawn ke-4, karena sudah dapat dipastikan 100% adalah warna biru.

NB: Susunan di atas hanya contoh. Susunan warna yang muncul bersifat RANDOM.

Catatan khusus untuk Kapten:
  1. Perhatikan warna yang muncul secara teliti.
  2. Gunakan inisial warna untuk mempermudah memberitahu seluruh Raid Party.
          H = Hijau
          M = Merah
          P = Putih
          B = Biru

          Contoh: Apabila Kapten berkata PMHB, maka secara berurutan klik pilar berwarna
          Putih
          Merah
          Hijau
          Biru

PENTING!!!
-Kapten segera memberitahu urutan warna ketika spawn ke-3.
-Pilar hanya dapat diklik ketika spawn ke-4 keluar.
-Waktu untuk nge-klik 4 urutan pilar hanya 7 DETIK.
-Apabila habis waktu/salah urutan, akan ada penalti berupa debuff bagi semua anggota Raid Party
 Gagal pertama kali: Cooldown semua skill bertambah 10x lipat
 Gagal ke-2 kali: Semua Attack baik fisik maupun magic -50%
 Gagal ke-3 kali: Friendly Fire (skill semua player dapat saling menyerang)
-Jika berhasil, akan ada notice/pengumuman tulisan warna kuning di tengah monitor.
-Apabila terjadi kegagalan, jangan lakukan serangan. Tunggulah sampai debuff hilang.

Bagaimana cara untuk mengetahui kalau "si putih" sudah nge-klik pilarnya? Berikut ini akan saya jelaskan strateginya:

Katakanlah urutan spawnnya PMHB (Putih, Merah, Hijau, dan Biru). Manfaatkan 7 detik pemberitahuan di layar sebagai "kode" urutan nge-klik.

tersisa 7 detik
tersisa 6 detik
tersisa 5 detik
tersisa 4 detik
tersisa 3 detik
tersisa 2 detik
tersisa 1 detik

detik ke 7-6 = si putih klik.
detik ke 5-4 = si merah klik.
detik ke 3-2  = si hijau klik.
detik ke 1 = si biru klik.

Katakanlah terjadi kegagalan pada detik ke 3, bisa dipastikan si biru yang salah nge-klik ketika seharusnya si hijau yang nge-klik. Jadi, perhatikan detik demi detik yang terus dihitung mundur pada layar monitor. Apabila sudah sampai giliran Anda, segeralah klik pilar itu. Kalau gagal? Tunggu debuff hilang, serang monster gelombang pertama sampai habis dan segeralah ambil posisi untuk "permainan warna gelombang ke-2". Penting bagi healer untuk memperhatian HP anggota Party. Begitu seterusnya sampai "permainan warna gelombang ke-3" (terakhir).

================================================================================================================================================

Apabila cut-scene (video) yang muncul bukan 4 jenis pilar berwarna, boleh donk pada teriak HORE!!! Wakakakak.

Eits... Jangan lupa nasehat saya di atas:
Anggap remeh adalah awal dari kehancuran!!!
Jadi... Walaupun stage yang kalian hadapi pada Area-2 adalah jenis Devouring Isle, diperlukan juga strategi untuk menghadapinya. Berikut strateginya:


Devouring Isle juga terdiri dari 3 gelombang.

Akan ada lubang besar di tengah Area-2 ini yang akan menghisap player yang ada di dekatnya pada waktu-waktu tertentu. Apabila terhisap masuk, player akan menerima damage 5000/detik (itulah mengapa saya menyarankan anggota party selain "cleric-based" untuk memiliki HP di atas 50,000).

Bagaimana jika ada player yang terhisap masuk?
Secepat mungkin. Catat. SECEPAT MUNGKIN dekati dan klik salah satu dari 2 pilar yang ada di samping lubang penghisap itu. Saya sarankan untuk memberikan tugas penyelamatan ini kepada Mercenary yang bisa Dash atau Acrobat yang bisa lompat jauh apabila si Mercenary yang terhisap. Klik pilar terdekat, karena tidak perlu klik dua-duanya. Satu saja cukup.

Untuk mencegah agar tidak masuk ke dalam lubang maut itu, bergeraklah menjauh dari lubang itu dan jangan lupa untuk sering-sering bergerak menjauh.

Gelombang pertama:
Akan ada monster ghoul merah dan ghoul biru spawn pada gelombang pertama. Ghoul merah bisa meledakkan diri apabila sekarat. Yang berbahaya adalah ghoul biru yang bisa membekukan player. Resiko masuk ke lubang maut menjadi lebih tinggi ketika beku (tidak dapat bergerak). Segeralah tekan tombol A-D secara bergantian secepat mungkin untuk bebas dari beku. Gelombang pertama terbilang sangat mudah.

Gelombang ke-2:
Akan ada monster "bunga pemakan manusia" spawn pada gelombang ke-2 ini. Serang bunga-bunga menjijikkan ini dengan cara mengitari area ini dari kanan ke kiri (berlawanan dengan arah jarum jam). Apabila lubang maut itu memulai hisapannya, segera bergerak menepi. Sambil membersihkan bunga-bunga itu, perhatikan lantai area ini yang sesekali akan berubah menjadi warna ungu (poison) dan dapat melontarkan player yang terkena semburannya ke udara. Ghoul merah dan biru juga akan muncul sesekali. Tidak perlu terburu-buru pada gelombang ke-2 ini. Penting bagi healer untuk memperhatikan kondisi HP anggota lain. Setelah gelombang ke-2 bersih, maka datanglah gelombang ke-3.

Gelombang ke-3:
Gelombang ke-3 selalu dimulai dengan hisapan si lubang maut. Empat ekor monster Ogre Hijau spawn pada gelombang ini. Penting bagi Kapten untuk segera cast skill provoke begitu Ogre Hijau spawn. Simpan dulu skill ultimate kalian untuk Area-3.

Jangan lupa utk membuka peti yang muncul setelah Area-2 selesai.

INGAT!!! Sebelum berpindah ke Area-3. Selalu. SELALU lakukan briefing.

  • Area-3 (Lava Golem)
-Setiap 40 detik sekali, akan ada cairan lahar panas memenuhi area ini.
-Kapten bertugas untuk menghitung detik demi detik.
-Lakukan perhitungan ketika Area-3 dimulai.
-Pada detik ke-30, Kapten harus memerintahkan seluruh party untuk naik ke atas 8 platform yang tersedia dan cast skill provoke.
-Akan ada hitungan mundur 5 detik sebelum lahar panas mengalir.
-Satu player satu platform.
-Apabila ada platform yang dinaiki lebih dari satu player atau ada player yang telat naik platform tepat ketika lahar panas mengalir............. SEMUA PLAYER MATI!!! FATAL!!!
-Untuk mempermudah pembagian platform kepada masing-masing anggota, lakukan briefing ketika area-2 selesai.
-Platform yang jumlahnya 8 terbagi ke 8 arah mata angin. Bagilah masing-masing anggota menurut arah tersebut. Contoh: Kapten-Utara, Mercenary-Timur, Acrobat-Timur Laut, dan seterusnya...... (Jangan katakan Anda tidak tahu nama-nama 8 arah mata angin >.< kembali ke kelas 5 SD)
-Kapten: Ubahlah settingan makro pada tombol F7 menjadi "Naik Platform" untuk mempermudah memberikan perintah pada detik ke-30. Dengan menekan satu tombol (F7), maka perintah sudah tercetak di chat box.
-Khusus Paladin: Jangan gunakan skill Stance of Faith, karena ketika Anda menekan tombol spasi untuk melompat ke atas platform.... >.< tau sendirilah... Paladin tidak bisa lompat ketika Stance of Faith aktif.
-Konsentrasi menentukan kesuksesan pada Area-3 ini.
-Ketika berada di atas platform (sebelum lahar mengalir), Lava Golem mungkin akan mendekati Anda dan memukul Anda mundur, jatuh dari platform. Segeralah kembali ke atas platform. Ketika lahar sudah mengalir, Lava Golem tidak akan memukul Anda lagi.
-Untuk class cleric-based, ada baiknya untuk mengaktifkan skill Block setelah berada di atas platform sebelum lahar mengalir.

Serangan Lava Golem akan berganti sesuai dengan HP barnya.

2x HP bar:
-Lava Golem akan menyeruduk ke arah player. Serudukannya bukan serudukan garis lurus seperti golem goblok yang ada di Apocalypse Nest. Serudukan Lava Golem ini akan mengikuti targetnya. Apabila Anda menjadi target serudukannya, berlarilah ke arah platform dan lompat ke belakang platform agar serudukannya mandek/macet di depan platform.
-Ketika Lava Golem mandek/macet, segeralah spam skill-skill Anda, berikan DPS sebisa mungkin. Waktunya untuk mengeluarkan skill Ultimate!!!

1x HP:
-Lava Golem bisa cast Ignite. Skill Ignite akan langsung mencabut nyawa player yang terkena status burn (terbakar).
-Player yang terkena status burn (selain Priest) diharapkan agar segera mendatangi Priest untuk minta cure secepatnya. Pada saat briefing Area-2, ubah setting makro manual pada tombol F8 kalian semua dengan "Panas!!!" Agar Priestnya ngerti bahwa Anda sedang terbakar (burned). Wakakakak. Secepatnya dekati Priest dan tekan tombol F8.
-Dua orang Priest yang ada agar cast cure relic secara bergantian. Siapa yang terlebih dahulu? Tentukan ketika briefing pada Area-2.
-Skill Ignite tidak dapat ditahan dengan skill defensive apapun (termasuk Block, Divine Avatar, Stance of Faith, dll....)

PENTING!!!
-Diharapkan kepada Force Ucer dan Acrobat untuk tidak membuang-buang skill Fast Forward dan Spirit Boost. Cast skill tersebut untuk mempercepat cooldown skill Cure Relic dari Priest.
-Segeralah turun dari atas platform ketika ada notice/pengumuman lahar sudah hilang. Lava Golem akan cast  skill mirip Fire Ball ketika lahar sudah hilang.
-0.5 detik - 1 detik setelah notice/pengumuman lahar sudah hilang, segeralah melompat turun. Walaupun kelihatan lahar masih ada ketika notice/pengumuman lahar sudah hilang, player dapat turun dengan aman.
-Fire Ball akan menimbulkan efek burn.
-Hindari sebisa mungkin skill-skill Lava Golem yang berelement api.
-Apabila Anda yakin tidak cukup waktu lagi untuk naik ke atas platform. Tinggalkan Party (Leave Party) untuk mencegah matinya seluruh anggota party. Tentu saja hal ini sungguh teramat sangat tidak dianjurkan.
-Serangan magic tipe es akan sangat kuat untuk Lava Golem. Magic tipe api tidak ada efek.

Komunikasi dan team-work sangatlah diutamakan. Bukalah peti yang muncul setelah Area-3 selesai.

Ketika Area-3 selesai, istirahatlah sejenak. Rileks... Renggangkan jari-jemari dan pinggang Anda. Lakukan kembali briefing sebelum masuk menuju Area-4.

  • Area-4 (Dark Cerberus)
Aaaah... Setelah Area-3 yang sedikit rumit, Area-4 ini terbilang tidak begitu rumit.

Pada awal Area-4, akan ada dua pilihan jalur/jalan. Kiri dan kanan. Tidak masalah mau pilih yang mana, lawannya tetap Dark Cerberus. Saran saya, pilih yang kanan (karena party saya selalu begitu >.<). Sedikit membingungkan, jalur kanan pada monitor Anda adalah jalur kiri pada mini-map/radar. Ikuti saja jalur sesuai dengan yang terlihat di monitor.

-Sesudah memilih jalur, Kapten tinggal di belakang menunggu Dark Cerberus. Anggota lainnya segera maju sampai ujung.
-Akan ada 2 lingkaran berwarna ungu di sini.
-Cegah dan bunuh secepatnya Spectre (hitam) yang spawn agar tidak masuk ke dalam lingkaran ungu tersebut, karena apabila monster itu berhasil masuk... Akan ada area ledakan yang bisa one-hit-kill.
-Utamakan untuk menghabisi Spectre terlebih dahulu, kemudian Dark Cerberus.
-Kapten bertugas untuk Provoke ke Dark Cerberus dan membawanya ke sudut dinding.
-Player lain (selain kapten) disarankan untuk tidak frontal face-to-face dengan Dark Cerberus.
-Kapten cast Provoke tanpa henti (cast terus begitu cooldown selesai)
-Apabila HP bar Dark Cerberus sudah mencapai 2x HP, disarankan kepada Mercenary untuk cast skill Lifesaver dikarenakan serangan-serangan Dark Cerberus saat 2x HP bar sangat berbahaya. Akan ada serangan Gravity Ball (sama seperti Cerberus Nest) yang sangat menyakitkan.
-Gunakan skill Fast Forward (Force User) dan Spirit Boost (Acrobat) pada saat 2x HP bar.
-Healer boleh menyerang hanya ketika HP seluruh anggota full. Perhatikan HP bar seluruh anggota dengan seksama.

Setelah Dark Cerberus keok. Lakukan briefing untuk Area-5. Akan ada 2 jenis stage pada Area-5.

  • Area-5
Jenis stage yang akan dihadapi bersifat RANDOM. Ke-2 jenis tersebut adalah:
  1. Dancing Minotaur
  2. Trio Lizard Brothers
Saya akan mulai dengan Dancing Minotaur.

-Akan ada area lingkaran yang cukup besar mengelilingi Minotaur.
-Jangan menginjak area lingkaran tersebut. Apabila terinjak, akan ada serbuan 3 Minotaur kecil (seperti yang suka nabrak di Minotaur Nest). Semua player akan diserbu.
-Hindari serbuan Minotaur kecil ini. Jangan menghindar ke arah player lain, karena akan ada kemungkinan tertabrak Minotaur kecil yang juga mengarah ke player tersebut.
-Jika jarak kamu cukup jauh dari Minotaur Boss (Dancing Minotaur), maka akan sangat mudah untuk menghindarinya. Minotaur kecil disummon dari arah Boss.
-Untuk meruntuhkan barrier pelindung dari Boss, hancurkan semua 6 pilar yang ada pada area ini.
-Ketika menghancurkan pilar, akan ada Minotaur kecil (hitam dan putih) spawn pada waktu-waktu tertentu. Hiraukan saja sambil sesekali hit dengan skill area sambil tetap fokus menghancurkan pilar.
-Jangan menghancurkan pilar secara terpisah/pencar. berpencarlah hanya ketika ada seseorang yang menginjak lingkaran area Boss untuk menghindari serbuan Minotaur kecil.
-Ketika semua pilar berhasil dihancurkan, barrier pelindung Boss akan hilang dan Boss akan lebih banyak diam di posisinya sekarang.
-Jika masih ada sisa Minotaur kecil (hitam dan putih) area ini, bersihkan.
-Setelah bersih dan hanya tersisa Boss, menjauhlah dari Boss. Buff dan tunggu semua skill selesai cooldown.

Setelah memastikan seluruh anggota benar-benar siap, berikut ini strategi pertempurannya:
-Pada tahap ini, Boss akan men-summon serbuan Minotaur kecil apabila ada player yang mendekat. Hal ini akan terus dilakukan sampai kira-kira 4x HP bar Boss.
-Paladin, Priest dan Mercenary diharapkan maju terlebih dahulu. Sisanya menunggu di kejauhan.
-Sebisa mungkin segera habiskan 5x HP bar Boss menjadi 4x HP bar.
-Kapten tetap Provoke dan face-to-face dengan Boss. Anggota lain menyerang dari belakang. Berhati-hatilah dengan serbuan Minotaur kecil ketika mendekati Boss untuk pertama kali.
-Ketika HP Boss sudah pada tahap 3x HP bar, bersiap-siaplah untuk menerima tantangan dance.
-Formasi masih sama seperti tadi, Kapten tetap di depan bersama cleric-cleric lainnya.
-Empat player akan terpilih secara RANDOM untuk menghadapi tantangan dance. Setiap 20 detik - 25 detik akan ada tantangan dance.
-Player yang mendapat tantangan dance secara otomatis akan nge-dance dan menerima damage sekitar 10,000 - 15,000 damage per hit dari Minotaur kecil yang berwarna hitam (putih tidak begitu sakit).
-Healer segera melakukan tugasnya ketika tantangan dance selesai. Force User gunakan skill Time Stop dan Fast Forward dikombinasikan dengan skill Spirit Boost milik Acrobat.
-Segera lakukan serangan kepada Boss ketika tantangan dance selesai, karena 10 detik - 12 detik setelah itu akan ada tantangan dance berikutnya.
-Ketika HP Boss sudah mencapai 1x HP bar, serangan Minotaur kecil (serbuan) akan keluar secara RANDOM. Tantangan dance tetap ada.
-Pada tahap ini, Raid Party harus extra sabar. Jangan sembrono maju untuk melakukan serangan. Tunggu  skill Livesaver selesai cooldown (akan sangat cepat cooldwonnya karena dibantu Fast Forward dan Spirit Boost) barulah maju untuk menyerang.
-Priest tetap fokus memperhatikan HP anggota lainnya.
-Kapten tetap Provoke. Lanjutkan serangan sampai Area-5 ini selesai.

Trio Lizard Brothers.

Akan ada 3 jenis Lizard (kadal) di sini:

  1. Lightning Lizard
  2. Metal Lizard
  3. Ice Lizard
Strateginya cukup sederhana:
-Bunuh ke-3 Lizard itu dalam waktu tidak lebih dari 10 detik setelah Lizard pertama mati, kalau gagal... Lizard yang mati akan respawn.
-Akan ada satu Lizard paling kuat (RANDOM) dari ke-3 Lizard itu.
-Komunikasi untuk menunggu dan menahan serangan sangat penting di area ini.
-Segera habiskan HP ke-3 Lizard itu sampai tertahan pada 0.5x HP bar atau di bawahnya.
-Provoke dan kumpulkan pada satu area untuk dihabisi sekaligus.
-Pada waktu-waktu tertentu, ke-3 Lizard akan masuk ke dalam tanah. Segera rebuff, heal, dll...
-Ketika muncul ke permukaan, posisi ke-3nya tersebar (walaupun sebelumnya sudah dikumpulkan).
-Kapten segera Provoke lagi dan lagi.
-Ada kemungkinan ke-3 Lizard cast skill terkuat mereka beberapa detik setelah muncul ke permukaan. Jaga jarak aman.
-Ketika ke-3 Lizard dalam status berserk, Mercenary segera debuff dengan terikannya.
-Mercenary sangat disarankan untuk menarik ke-3 Lizard dengan Axe Tornado ketika HP bar ke-3nya sudah 0.5x HP bar. Bantu dengan skill ultimate lainnya.
-Kuncinya adalah bersabar dan memanfaatkan dengan baik momen ke-3 Lizard berkumpul bersama. Habisi sekaligus.

Setelah Area-5 selesai. Briefing. Istirahat sejenak. Selamat, Anda hampir menuju tahap akhir SDN.

  • Area-6 (Golem Mountan)
Kunci kesuksesan untuk menyelesaikan SDN adalah tetap menjaga 8 anggota Raid Party tetap bertahan hidup. Lanjutkan kerjasama solid tersebut. Buang rasa EGO.

Ketika pertama kali memasuki area-6, Golem Mountan (selanjutnya disebut "Boss") akan spawn. Kesabaran adalah strategi utama di area-6 ini.

Hal yang wajib dilakukan Kapten pertama kali adalah Provoke dan membawa Boss sendirian kepadanya ke atas gundukan tanah di sisi map. Provoke tidak boleh putus.
-Tujuh anggota lainnya tetap di belakang. Bersabar menunggu.
-Tunggu selama 6 menit. Bersabar. Jaga jarak.
-Pada menit ke-6, Boss akan cast berserk (Boss berwarna merah). Mercenary segera debuff dengan teriakannya.
-Setelah debuff (Boss tidak lagi berwarna merah), saatnya melancarkan serangan habis-habisan.
-Setelah HP Boss sekitar 4x HP bar, akan ada skill lingkaran racun.
-Player yang menjadi target lingkaran racun tidak akan menerima damage apapun, tetapi siapapun yang masuk ke dalam area lingkaran racun itu akan menerima damage sekitar 25,000/detik.
-Lingkaran racun selalu mengincar player yang menjadi pusat perhatian. Biasanya Kapten yang selalu cast Provoke.
-Dikarenakan Kapten face to face sendirian dengan Boss, maka Kapten tidak menerima damage begitu juga anggota lainnya yang ada di luar area lingkaran racun.
-Sesaat sebelum HP Boss berganti dari 4x menjadi 3x HP bar, akan ada kabut racun yang akan dicast. Kabut racun akan selalu dicast setiap kali Boss kehilangan 1 bar HPnya.
-Akan ada notice/pengumuman sebelum kabut racun dicast. Ketika membaca notice/pengumuman tersebut, Kapten harus bergeser ke salah satu sudut gundukan tanah tempat dia menahan Boss dengan provoke sejak tadi sedangkan anggota lainnya juga menuju sudut yang lain (jangan menuju sudut yang sama dengan Kapten, karena Kapten akan menjadi target lingkaran racun sewaktu-waktu).
-Siapkan Cure Relic dan Miracle Relic di atas gundukan tanah secara bergantian (Priest mana yang duluan, tentukan pada saat Briefing).
-Ketika kabut racun sudah memudar di bawah, semua anggota (kecuali Kapten) boleh kembali turun.
-Akan ada saat di mana Boss men-summon "bunga pemakan manusia". Pada saat summon dilakukan, Tanker cadangan (bukan Kapten) segera cast Provoke untuk mengambil alih perhatian bunga itu, karena akan ada kemungkinan bunga itu mengincar dan mengganggu Kapten. Gangguan bunga dapat menyebabkan Kapten gagal cast Provoke dan mengakibatkan Boss tidak lagi mengincarnya sehingga lingkaran racun dapat dicast pada player lain (ini akan sangat fatal).
-Ketika Tanker cadangan cast Provoke ke arah bunga, pastikan di arah tersebut tidak ada Boss. Posisikan diri sebaik mungkin (sebisa mungkin membelakangi Boss ketika Provoking bunga)
-Skill Paralyze Bolt dan Time Stop juga dapat menghentikan bunga. Sangat berguna.
-Selain bunga tadi, akan ada jeratan akar yang bisa sangat berbahaya apabila tidak lepas dalam 10 detik (sekitar 50,000 damage dalam 10 detik).
-Ketika HP Boss mencapai 3x HP bar, akan spawn Zombie Ghoul diikuti dengan masuknya Boss ke dalam tanah.
-Bersihkan Zombie Ghoul ketika Boss masih di dalam tanah.
-Penting untuk diingat, agar tidak menyerang Boss ketika baru keluar dari dalam tanah karena perhatian Boss sudah tidak lagi kepada Kapten.
-Kapten diwajibkan Provoke begitu Boss sudah kembali keluar dari dalam tanah.
-Setelah Provoke, silahkan hajar.
-Kapten akan terus berada di atas gundukan tanah sepanjang waktu.
-Apabila dalam keadaan darurat, penting bagi Mercenary untuk cast Livesaver ataupun Miracle Relicnya Priest.
-Terus jalankan strategi di atas sampai HP Boss mencapai 1x.
-Pada 1x HP bar, sesekali Boss akan melompat ke udara dan mendarat dengan pukulan yang menggetarkan tanah. Damage sekitar 10,000 - 15,000. Hindari dengan melompat sesaat sebelum pukulan mendarat.
-Lanjutkan menyerang Boss ketika keadaan memungkinkan. Lanjutkan terus sampai Area-6 selesai.


  • Final Area (to be continued...)
Persiapkan diri Anda untuk mempelajari detail-detail penting Area-1 sampai Area-6. Final Area akan saya update kemudian.

Bravo LotusMarsh!!!


Regards,



Firman Tannady
IGN: Selli
Server: Vestinel
Guild: LotusMarsh

[Bookmark boleh, copy-paste/mencaplok/memposting ulang panduan ini TANPA SEIZIN PENULIS... Silahkan tanggung dosa di akhirat]









32 comments:

  1. gan boleh copas ngga ane kasi credits nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... Kalo dapat credit, ya BOLEH lah.
      =P
      Jgn lupa sertakan link tempat kamu copas ya.

      Delete
  2. bro, kalo boleh dilengkapi gambar, denah, dll yang mendukung, biar lebih gampang dimengerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan saya usahakan, tapi tidak dalam waktu dekat. Mungkin 2 minggu ke depan.

      Delete
  3. kk,kalo hunter pengganti acrobat bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, skill hunter walking target yg -10% defense musuh juga berguna kok.

      Delete
    2. maksudnya walking target apa?

      Delete
    3. Kan ada skill hunter yg nama skillnya walking target. coba deh diperiksa skill kamu.
      kamu hunter kan? :)

      Delete
    4. level-1 kurang 15% defense malah.
      kalo level-8 kurang 50% defense loh...

      Delete
  4. izin copas bang.
    artikel ny sangat bermanfaat bagi player DN lainnya.
    tenang. sumber copas slalu ane post koq ..!! :)

    ReplyDelete
  5. emang bener bang job SM itu gak dibutuhin di SDN ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. butuh kok, anggota party yang lain (selain tanker dan support) bisa diganti dengan SM sesuai selera.
      contoh: acrobat atau elemental lord bisa diganti dengan SM.

      Delete
  6. orang medan ya kk ???
    Gua orang medan juga nih..
    medan dmna nih ?

    ReplyDelete
  7. kok provoke lv 6 itu?
    paladin cap 40 max lv 3 (ditambah ring lv 4)

    ReplyDelete
  8. kk misalkan HP paladin berkisar tdk lbh dr 65K, def 50-56K m.def 59-60K msih kuat ga ya buat brtahan ampe stage 6???

    ReplyDelete
  9. Gan Final Area 1, Hajar dragon sekuat tenaga,saat dragon mengeluarkan 'breath' sembunyi di batu kiri or kanan,lakukan hingga Dragon Terbang melarikan diri.
    Final area 2, Tembakan crystal yg di keluarkan dragon dengan 3 buah cannon yg di sediakan hingga darah dragon berkisar x8 - x5 (Lebih Bagus dgn bantuan "SB lv3" Acro.
    Saat Dragon turun disitu Tugas berat PL dgn provokenya Lv 6, provoke kepala dragon ke arah jam 12,, (jangan sampai lepas) sedang khan yg lain Posisi kan di samping kanan/kiri tubuh dragon saat dragon 'breath' Menghindar kesamping kiri/kanan,yg lain keluarkan semua ulty yg semua kalian miliki serang, lakukan hingga selsai... (SEMOGA SUKSES)

    ReplyDelete
  10. Kk saya PL dan newbie boleh minta saran skill build gk dan apa" aja yg dibutuhin bwt nest atw PVP biar gk jd beban bwt anggota party lain? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saran secara umum sih ya, keraskan def dan m.def aja. Lebih rincinya elu harus usahakan opsi equip-equip lu ada vit/max HP.

      Delete
  11. misi om q PL newbie mau tnya, kira2 klo sejenis ice+fire def tu sbarapa pnting si klo di SDN & kalau nulis chat comando jk jd leder party di SDN si gimana caranya ya?? tanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ice+fire def bisa kamu kombinasikan dengan m.def aja. kalo untuk chat command bisa ikuti cara-cara di atas. Tekan esc lalu pilih setting - macro. selamat mencoba

      Delete
  12. bang mau tanya eq SDN itu kalo diplusin bisa hancur gak sih?
    soalnye Sering liat tuh org pake eq SDN plusnya gede gede
    mohon pencerahnya
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. so pasti bisa ancur... utk amannya pake magic jelly yah...

      Delete
  13. gan mau tanya nih, klo artilery buat PVP ato PVE???
    Mohon balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih ke arah PVP, tapi utk PVE juga lumayan.

      Delete
  14. Numpang tanya boleh???
    Guild War tuh kyak gmana sih??? ane mau cba guild war tpi takutnya nanti salah"
    Mohon di balas
    THX...:)

    ReplyDelete